In Desain Grafis

1. Chanel dan Gucci

Logo antara kedua brand ini terlihata sangat mirip¬† dan kedua brand ini ada pada industri yang sama. Namu di era saat itu keputusan untuk memutusakan identifikasi viusal tidak terlalu di perhitungkan. Chanel (1909) telah ada lebih dahulu dari pada Gucci (1921). Logo Chanel pun telah sedikit berubah pada saat itu, meskipun logonya lebih sering dilihat sebagai”GUCCI”. Siapa yang harus disalahkan atas kecelakaan logo tersebut? Hanya sedikit yang berani mempertanyakan keputusan desain antara dua merek bergengsi paling kaya di dunia ini.

2. Sinar Mas dan Airbus

Eits, ternyata perusahaan keuangan asal indonesia yaitu Sinar Mas juga memiliki kemiripan logo dengan perusaahan produsen pesawat komersial yang berbasis di Toulouse, Prancis Airbus.

3. Bentley dan Mini Cooper



Keseluruhan kedua konsep logo ini adalah “Silver Wings”.¬† Jika kita benar-benar melihatnya, satu-satunya perbedaan nyata antara kedua logo ini adalah dari seniman yang liberal dengan detailnya. Oh, dan teksnya juga ternyata sama. Siapa yang harus disalahkan? Mini adalah tersangka yang jelas, karena didirikan hampir 40 tahun setelah Bentley. Tentu saja, ini adalah kasus lain di mana kedua perusahaan berada dalam industri yang sama, sehingga sulit untuk memahami bagaimana kesalahan ini bisa terjadi tanpa disadari oleh perusahaan mana pun.

4. Paypal & Pandora

Pandora (musik streaming) memperkenalkan logo dan identitas barunya pada tahun 2016 dan mempublikasikan Re-Brandingnya pada saat itu. Paypal mengklaim bahwa Pandora meniru fitur utama dari logo ikonik nya itu.

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat