Apa Itu XAMPP dan Apa Saja Fungsi Dari XAMPP ?

Apa Itu XAMPP dan Apa Saja Fungsi Dari XAMPP ?


Admin - 28 November 2022

Apa Itu XAMPP dan Apa Saja Fungsi Dari XAMPP ? - Sekarang, banyak aplikasi manajemen database online. Menggunakan aplikasi yang terintegrasi dengan database di server membuat pengelolaan suatu data menjadi sangat mudah dan lebih efisien. Tetapi, bagaimana jika jika tidak ada koneksi internet dan tidak dapat mengakses web server? Masalah ini dapat kita atasi dengan web server pada komputer localhost salah satunya yaitu XAMPP.

XAMPP adalah aplikasi yang berfungsi sebagai web server pada localhost. Dengan menggunakan XAMPP, Anda dapat mengelola database di localhost tanpa perlu akses internet.

Apa itu XAMPP?

XAMPP adalah perangkat lunak open source berbasis web server yang berisi berbagai program. Aplikasi ini mendukung berbagai sistem operasi yaitu seperti Linux, Windows, MacOS, dan Solaris. Fungsi dari XAMPP yaitu sebagai suatu server lokal/localhost, meliputi program Apache, MySQL dan PHP.

Munculnya XAMPP diawali dengan kesulitan dalam menginstal Apache dan jika akan menambahkan dukungan PHP dan MySQL. Hal inilah yang kemudian menyebabkan munculnya XAMPP, sebagai aplikasi yang digunakan untuk memudahkan para developer yang membutuhkan web server di localhost hanya dengan satu aplikasi.

XAMPP telah ada selama lebih dari 10 tahun, sehingga memiliki komunitas pengembang yang besar. Jika Anda mengalami masalah dengan XAMPP, Anda dapat bergabung dengan komunitas XAMPP untuk menemukan solusinya. Komunitas tersebut bernama Apache Friends Forums.

Kepanjangan dan Arti Dari XAMPP

Xampp terdiri dari singkatan dari program-program di dalamnya, antara lain :

X (Cross platform)

X adalah kode penandaan perangkat lunak lintas platform. Artinya XAMPP dapat dijalankan di berbagai sistem operasi yang umum digunakan. Seperti Windows, Linux dan Mac OS.

A (Apache)

Apache merupakan aplikasi web server yang dapat digunakan secara gratis atau open source. Dengan menggunakan server web, seseorang dapat menjalankan suatu file yang berisi kode / bahasa pemrograman PHP di localhost.

M (MySQL)

MySQL adalah aplikasi database server yang menggunakan bahasa pemrograman SQL (Structured Query Language). Fungsinya untuk mengelola data secara terstruktur dan sistematis. MySQL dapat digunakan di localhost tanpa memerlukan koneksi internet, sehingga developer dan programmer dapat membuat aplikasi berbasis web di komputer mereka.

P (PHP)

PHP adalah bahasa pemrograman sisi server yang dapat digunakan untuk mengelola konten dan basis data dinamis. Dengan menggunakan PHP, website menjadi lebih dinamis.

P (Perl)

Perl merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dapat digunakan untuk semua kebutuhan (cross platform). Saat ini perl banyak digunakan untuk keperluan pengembangan aplikasi ke web server.

Fungsi Dari XAMPP

Fungsi utama XAMPP adalah sebagai server lokal untuk menyimpan berbagai jenis data website yang sedang dalam pengembangan.

Akses dan modifikasi database PhpMyAdmin

XAMPP dapat digunakan untuk mengelola halaman database di PhpMyAdmin, hanya dengan mengakses komputer server lokal tanpa koneksi internet. PhpMyAdmin memungkinkan Anda untuk secara bebas mengedit, menghapus, memperbarui atau menambahkan pengguna, serta database dengan mudah.

Menguji fitur dan mengakses situs web tanpa internet

XAMPP dapat digunakan untuk menguji fitur serta menampilkan konten di website kepada orang lain tanpa koneksi internet, cukup dengan mengakses control panel XAMPP. XAMPP dapat bekerja secara offline seperti web hosting biasa tetapi tidak dapat diakses oleh banyak orang, sehingga dapat digunakan untuk belajar WordPress tanpa koneksi internet, sehingga memudahkan untuk bekerja di front end dan back end.

Menjalankan Laravel

XAMPP dapat menjalankan Laravel (framework PHP yang berfungsi untuk memudahkan programmer dalam mengembangkan tampilan website) melalui perangkat komputer. Sehingga Anda dapat memodifikasi kode program atau script dan juga membuat fitur baru dengan lebih cepat dan mudah.

Kesimpulan

Demikian informasi tentang XAMPP, semoga dapat membantu anda dalam pembuatan website anda dengan lebih mudah.



Artikel Terkait