In Website, Wordpress

Anda pasti sering menemui istilah URL. Istilah ini hampir selalu bisa ditemukan ketika berselancar di internet. Tapi, apakah Anda sudah benar-benar akrab dengan istilah ini? Lalu, apa sebenarnya URL itu? Apakah URL sama dengan domain?

Anda tak perlu dibuat pusing dengan pertanyaan-pertanyaan di atas. Sebab, semua pertanyaan Anda akan terjawab di artikel ini. Bukan hanya menjawab definisi dan fungsi URL, bahkan Anda juga bisa menemukan arti dari bagian-bagian URL di sini.



Jadi apalagi yang ditunggu? Yuk kita bahas pengertian URL.

Apa itu URL?

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator , istilah lain untuk menyebut alamat website. URL ini berfungsi membawa Anda ke sebuah website spesifik yang ingin dituju. Biasanya, Anda akan diminta mengetikkan alamat ini di bagian address bar yang ada di browser.

Lalu, kembali ke pertanyaan awal. Apakah URL sama dengan domain?

Untuk menjawab pertanyaan ini, ada baiknya kita memakai sedikit perumpamaan. Jika boleh diibaratkan, website adalah rumah. Maka, untuk menuju rumah itu, Anda perlu alamat. Dalam dunia virtual, alamat inilah yang disebut dengan URL.

Domain juga merupakan komponen dari alamat itu sendiri. Secara spesifik domain menunjukkan “pemilik rumah” atau nomor rumah dari sebuah website. Tapi, domain tidak bisa memberikan petunjuk lengkap tentang lokasi sebuah website.

Jadi, jawaban untuk pertanyaan di atas adalah tidak. URL tidak sama dengan domain. Namun, jika Anda tertarik lebih lanjut memahami soal domain, coba baca artikel ini.

Perumpamaan Antara Website dan Rumah

Domain Nomor rumah / nama pemilik rumah
URL Alamat lengkap
IP Address Koordinat peta

Di samping penjelasan di atas, URL sendiri sebenarnya merupakan konsep yang unik. Sedianya, kita perlu mengakses website menggunakan IP Address. Cara ini tentunya kurang efektif digunakan. Sebab, Anda perlu menghafal atau memiliki daftar IP Address dari banyak website yang sering dikunjungi.



Maka, kehadiran URL sebenarnya sangat memudahkan user untuk menyusuri internet. Di saat yang sama URL juga bisa menambah user experience dari pengguna internet. Maka dari itu, sedikit tips saja, pastikan alamat website Anda cukup unik dan mudah diingat.

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat