Apa itu SCSS dan SASS

Apa itu SCSS dan SASS

Apa itu SCSS dan SASS - Bagi anda yang sedang berkecimpung di dunia Jasa pembuatan website atau sedang belajar untuk membuat sebuah website pasti anda pernah mendengar istilah SCSS dan SASS. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara singkat apa itu SCSS dan SASS, SCSS dan SASS adalah sebuah singkatan dari Syntactically Awesome StyleSheets yang merupakan salah satu teknik untuk mendesign dan membuat website. Jika sebelumnya membuat tampilan atau layout website menggunakan CSS. SCSS dan SASS juga merupakan sebuah bahasa yang mengadopsi dari CSS yang tentunya dilengkapi dengan adanya fitur yang bisa di bilang tidak bisa di dapatkan pada CSS. SCSS/SASS tidak di ciptakan untuk menggantikan CSS melainkan sebagai tools untuk membuat atau memproduksi CSS agar lebih mudah dan flexible. Maka dari itu SASS/SCSS juga dapat  disebut dengan CSS Preprocessor.

Baca Juga: Pengertian CSS (Cascading Style Sheets)

Keunggulan Menggunakan SCSS/ASS

  • Penulisannya kode yang lebih rapi dan tersruktur.
  • Kompatibel di semua jenis browser.
  • Hasilnya dapat di jadikan file CSS yang bersifat Open source.

Fitur SCSS/SASS

  1. Variable: Salah satu fitur di dalam SCSS yaitu dapat membuat variable yang dapat di akses di semua atribut CSS. (Pewarnaan, ukuran font dan lainnya).
  2. Import: Fungsi import ini yaitu dapat memanggil file SCSS lainnya, sehingga dapat melakukan extends/memanggil Style lainnya. 
  3. Nested: Nested digunakan untuk membuat style yang di susun secara berurutan untuk elemen terntentu. 

Perbedaan SCSS/SASS

Kedua jenis format file SCSS/SASS ini mempunyai tujuan yang sama, yang membedakan adalah cara penulisannya, namun perbedaan tersebut tidak jauh terlalu mencolok, seperti contohnya pada penggunaan titik koma hanya berlaku untuk SCSS. 

Cara menggunakan SCSS

Salah satu tools pendukung SCSS dapat menggunakan tools koala, anda tidak perlu melakukan perintah di CLI, namun ketika anda ingin belajar perintah-perintah yang di pakai saya merokemendasikan menggunakan CLI.

Sekian artikel mengenal Apa itu SCSS dan SASS, untuk cara instalasi, contoh penggunaan sampai pembuatan website menggunakan SCSS dan SASS akan kami bahas di artikel selanjutnya. Jika Anda membutuhkan Jasa pembuatan website sederhana sampai professional, anda bisa menghubungi kami Nawadwipa.