Apa itu PHP dan apa kegunaannya

Apa itu PHP dan apa kegunaannya

Apa itu PHP dan apa kegunaannya - PHP: Hypertext Preprocessor merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah website dinamis, walau bisa juga digunakan untuk membuat program lain berbasis website (Web base). Tentunya bahasa pemerograman PHP berbeda dengan HTML, pada PHP Script/kode yang dibuat tidak dapat ditampilkan pada halaman website begitu saja, tapi harus diproses terlebih dahulu oleh web server dan akan ditampilkan dalam bentuk halaman website di web browser, Script PHP juga dapat disisipkan pada HTML dan Script PHP selalu diawali dengan <?php dan diakhiri dengan ?>.

Untuk pemrograman PHP untuk manajemen database biasanya digunakan adalah MySQL, tetapi ada juga yang menggunakan Oracle, Microsoft Acces dan lain-lain. PHP disebut juga sebagai bahasa pemerograman script server side, karena pemrograman PHP di proses pada komputer server.

PHP memiliki beberapa fungsi antara lain sebagai berikut :

Pembuatan halaman web

Dalam pembuatan web, PHP akan disisipkan di dokumen HTML. Karena hal inilah maka PHP biasa disebut dengan bahasa pemrograman script atau Scripting Language. Sebenarnya PHP tidak wajib Anda gunakan. Anda bisa membuat sebuah website hanya dengan mengandalkan HTML. Dan hasilnya akan disebut dengan website statis. Website statis ini merupakan web yang kontennya bersifat tetap. Untuk membandingkannya, Anda bisa melihat dari website dinamis. Website dinamis adalah website yang bisa dipakai untuk menyimpan data namun halamannya cenderung berganti-ganti tergantung input dan usernya.

ben-Bj6ENZDMSDY-unsplash

Membuat list

Apabila Anda ingin membuat list nomor 1 hingga 10, Anda bisa menggunakan PHP. Jika awalnya Anda memanfaatkan HTML murni, maka Anda harus melakukan copy paste 10 kali dan mengganti angka di belakangnya. Namun jka listnya makin banyak, maka copy paste tak terlalu efektif lagi. Dengan menggunakan PHP, Anda hanya perlu melakukan perulangan “for” sebanyak 1000 kali. Tidak hanya 1000 kali, Anda dapat membuat list hingga 100.000 kali dengan mengganti variabelnya saja.

Fungsi lain

Selain dua fungsi utama tadi masih ada beberapa fungsi lain dari PHP yang dapat Anda gunakan. Beberapa diantaranya seperti membuat gambar, pengaturan cookie dan session, melakukan input data ke database, melakukan konversi text ke PDF, serta masih banyak lainnya.

Itulah tadi sedikit gambaran dan ulasan mengenai apa itu PHP dan fungsi PHP. Bahasa pemrograman tersebut memang sangat terkenal dan banyak digunakan. Bahkan bisa dibilang semua programmer web di dunia memakai PHP sebagai standar mereka. Bisa dibilang 82% web server di seluruh dunia memakai PHP sebagai pilihan mereka. Jika anda membutuhkan Jasa Pembuatan Website Di Bali yang telah berpengalaman selama kurang lebih 10 tahun, segera hubungi kami Nawadwipa.