Apa Itu Localhost dan Macam Software Localhost ?

Apa Itu Localhost dan Macam Software Localhost ?

Admin - 18 November 2022


Apa Itu Localhost dan Macam Software Localhost ? - Bagi Anda yang baru saja belajar bagaimana cara membuat website agar website Anda dapat diakses oleh semua orang, Anda pasti akan menemui banyak istilah asing yang mungkin jarang Anda dengar, salah satunya adalah localhost.

Selain localhost, anda akan menemukan istilah lainnya seperti domain, hosting, shared hosting, domain name server dan lain sebagainya. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang localhost.

Apa Yang Dimaksud Dengan Localhost ?

Localhost adalah server lokal yang bisa kita gunakan untuk membuat suatu website. Meskipun kebanyakan orang saat ini lebih memilih web hosting untuk membuat website, namun menggunakan server lokal juga memiliki kelebihan yang tersendiri. Jadi sebuah website yang tersimpan di localhost tidak bisa diakses secara online.

XAMPP

Sebelum menginstal Anda perlu mengetahui berbagai localhost yang dapat Anda pilih, berikut adalah berbagai localhost yang tersedia saat ini:

Macam-Macam Software Localhost

XAMPPP

XAMPP adalah server localhost dengan jumlah pengguna terbesar hingga saat ini. Aplikasi ini dikembangkan oleh Apache Team yang terdiri dari Core Team, Development Team dan Support Team.

XAMPP adalah program localhost yang mendukung sistem operasi Windows, Linux, Mac OS dan Solaris lintas platform.

AMPPS

AMPPS sama dengan XAMPP yang merupakan aplikasi open source localhost buatan Softaculous. Untuk kelengkapan fitur AMPPS lebih lengkap dari fitur XAMPP yaitu Apache, MySQL, MongoDB, PHP, Python, Perl dan Softaculous auto installer.

Karena memiliki fitur auto installer, AMPPS mampu menginstal WordPress, PrestaShop, phpBB, Joomla, Drupal dan beberapa aplikasi lainnya.

Laragon

Laragon merupakan suatu lingkungan pengembangan universal yang portabel, terisolasi, cepat dan sangat kuat untuk PHP, Node.js, Python, Java, Go, Ruby. Laragon sangat cepat, ringan, mudah digunakan dan mudah untuk diperpanjang.

Laragon sangat bagus digunakan untuk membangun dan mengelola sebuah aplikasi web modern.

Laragon sangat ringan dan akan tetap ramping karena menggunakan RAM kurang dari 4MB (Megabite) saat dijalankan.

WAMPP

WAMP adalah suatu singkatan dari Windows, Apache, MySQL, dan PHP. WAMP adalah kompilasi software yang langsung menginstal Apache, MySQL, dan PHP pada sistem operasi Anda. Meskipun Anda dapat menginstalnya secara terpisah, mereka biasanya dibundel untuk suatu alasan yang baik.

Perlu diketahui bahwa WAMP berasal dari LAMP (L singkatan dari Linux). Satu-satunya perbedaan antara keduanya adalah bahwa WAMP biasa digunakan untuk sistem operasi Windows, sedangkan LAMP digunakan untuk sistem operasi berbasis Linux.

Kesimpulan

Localhost memiliki fungsi untuk mempermudah pembuatan website secara offline, selain itu localhost juga memiliki sebuah fungsi untuk mengecek koneksi internet dan memblokir website.



Artikel Terkait