Apa itu Javascript, Mengapa memiliki peran yang sangat penting bagi Website

Apa itu Javascript, Mengapa memiliki peran yang sangat penting bagi Website

Apa itu Javascript, Mengapa memiliki peran yang sangat penting bagi Website - Untuk Anda yang belum pernah terjun ke dunia pemrograman pasti akan bertanya, apa itu bahasa pemrograman JavaScript? JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak dipakai. Faktanya, bahasa pemrograman ini adalah salah satu yang paling penting bagi pengembang web.

Anda dapat mempelajari bahasa pemrograman ini dengan mudah, cepat dan menggunakannya untuk berbagai tujuan, berawal dari meningkatkan fungsi situs web sampai mengaktifkan game dan perangkat lunak berbasis web.

Sejarah JavaScript

Proses kompilasi serta desain JavaScript hanya memakan waktu 10 hari oleh Brandan Eich, seseorang karyawan Netscape, pada September 1995. Awal mulanya, nama bahasa pemrograman ini merupakan Mocha, kemudian Mona, kemudian LiveScript saat sebelum akhirnya menyandang nama JavaScript. Tipe awal cuma digunakan di antara Netscape, dengan fungsionalitas terbatas. Tetapi bahasa ini terus dibesarkan oleh komunitas pengembang yang senantiasa memakai bahasa pemrograman ini.

Pada tahun 1996, JavaScript secara formal jadi ECMAScript. Setelah itu diluncurkan ECMAScript 2 pada tahun 1998, serta ECMAScript 3 pada tahun 1999. ECMAScript dibesarkan buat kesimpulannya jadi JavaScript yang kita tahu saat ini. Tidak cuma lintas browser, bahasa ini pula bisa bekerja di bermacam fitur, tercantum fitur seluler serta pc.

Semenjak itu, JavaScript terus berkembang serta tumbuh. Pada kesimpulannya, pada tahun 2016, 92% web memakai bahasa pemrograman ini. Cuma dalam 2 puluh tahun, bahasa ini sudah berganti dari bahasa pemrograman yang terbatas serta primitif jadi salah satu perlengkapan terutama untuk pengembang website. Bila Kamu menghabiskan banyak waktu buat berselancar di internet, Kamu tentu telah kerap mendengar bahasa pemrograman ini.

Apa Itu JavaScript ?

Berbicara tentang memahami JavaScript sangat mudah. JavaScript adalah bahasa pemrograman yang membuat website Anda lebih hidup dan menarik. Bahasa ini berbeda dengan HTML (yang mengelola konten) dan CSS (yang mengelola tata letak dan tampilan). Dan bahasa pemrograman ini berjalan di perangkat pengunjung situs web Anda dan bukan di server.

Mengapa JavaScript Memiliki Peran Yang Sangat Penting Bagi Website ?

Seperti yang sudah kita ketahui, JavaScript adalah bahasa pemrograman yang membuat website Anda lebih hidup dan menarik. Bahasa ini berbeda dengan HTML dan CSS.

Beberapa tahun yang lalu, hanya ada sedikit browser yang mendukung Javascript. Microsoft bahkan membuat skrip sisi kliennya sendiri, JScript. Hal ini membuat para programmer yang akan membuat aplikasi web dinamis, harus terjebak hanya menggunakan satu web browser, yang membuat internet tidak seperti sekarang ini.

Jadi apa alasan yang membuat Javascript Memiliki Peran Yang Sangat Penting Bagi Website ?

Universal

Seorang web programmer tentunya ingin agar aplikasinya dapat digunakan oleh semua orang yang artinya bersifat universal. Javascript akhirnya didukung oleh hampir semua browser yang sering digunakan, akhirnya menjadi bahasa pemrograman universal. Hal ini membuat pengembangan web lebih canggih, lebih dinamis, dan lebih interaktif.

Menjadikan bagian frontend lebih kuat

Sejak lama, website selalu berbasis PHP, seperti WordPress misalnya. Semua logika web yang dibuat biasanya dikembangkan di sisi server, yang membuat web menjadi statis.
Browser modern mendukung web menjadi lebih interaktif dan dinamis. Logika yang sebelumnya harus ditangani di sisi server, sekarang sepenuhnya dapat ditangani di sisi klien, semua berkat Javascript.

joan-gamell-ZS67i1HLllo-unsplash

Bahasa dari berbagai aplikasi

Memang, fungsi utama Javascript adalah untuk pengembangan frontend web. Namun saat ini Javascript dapat digunakan untuk banyak hal. Javascript juga memungkinkan pembuatan aplikasi seluler baru, misalnya PWA yang menggabungkan fitur web dengan fitur aplikasi seluler.

Kemudahan akses

Ada alasan mengapa Javascript penting bagi programmer web dan sering digunakan oleh programmer pemula. Selain kelebihannya sebagai alat universal, Javascript juga gratis dan semua sumber dayanya dapat dimanfaatkan sepenuhnya. Bisa dibilang, kita tidak perlu mengikuti pelatihan khusus untuk memahami Javascript.

Menjadikan website menjadi hidup

Tiga fondasi utama web yaitu HTML, CSS, dan Javascript saling terkait satu sama lain. Ketiganya membuat web menjadi hidup. Hal ini analog dengan HTML sebagai kanvas, CSS sebagai kuas dan cat, dan Javascript sebagai rasa. Jadi jika kita menjelajahi web, seolah-olah kita sedang berjalan-jalan di galeri lukisan.

Jadi bagi anda yang membutuhkan jasa pembuatan website professional di Bali jagan ragu untuk menghubungi kami Nawadwipa. Hubungi kami via email atau direct kami langsung melalui whatsapp.