In Desain Grafis

 

Infografis adalah solusi untuk membuat penyampaian suatu informasi data agar lebih menarik, mudah dan cepat untuk dipahami, karena dalam infografis lebih banyak menggunakan gambar /ilustrasi dibandingkan teks . Infografis sendiri adalah percampuran dari kemampuan desain, analisis informasi, dan storytelling.

Infografis berasal dari kata Infographics dalam Bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari kata Information dan Graphics. Infografik dapat juga dikatakan bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih menarik, mudah dan cepat.

Menyampaikan informasi secara visual juga sudah dikenal sejak lama, bahkan pada zaman purba banyak manusia yang melukis di dalam gua untuk menggambarkan suatu kejadian. Peneliti mengatakan bahwa penyampaian informasi secara visual memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan menggunakan teks, karena manusia  jauh lebih cepat menangkap informasi yang disampaikan melalui ilustrasi.

JENIS-JENIS INFOGRAFIS

Infografis Animasi

Infografis animasi atau animated infographic adalah infografis dalam bentuk video animasi 2D maupun 3D. Infografis ini digunakan pada televisi ataupun media online seperti YouTube . Infografis animasi lebih menarik karena selainmenggunakan elemen visual juga menggunakan motion (pergerakan) dan efek audio  yang dapat memperkuat informasi/pesan yang ingin disampaikan

Infografis Interaktif

Infografis interaktif adalah infografis yang biasanya ditampilkan pada website dan pengguna dapat berinteraksi langsung dengan informasi yang ditampilkan melalui UI/user interface infografis  yang telah di-desain. Dengan infografis interaktif pengguna dapat sesuai keinginan mengeksplorasi informasi yang ingin didapatkan.

Infografis Statis

Infografis statis adalah infografis berbentuk gambar yang tidak bergerak. Infografis ini adalah jenis infografis yang paling umum digunakan.

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat