Apa Itu Infografis dan Cara Membuatnya

Apa Itu Infografis dan Cara Membuatnya

Apa Itu Infografis dan bagaimana cara MembuatnyaInfografis adalah solusi untuk membuat penyampaian suatu informasi data agar lebih menarik, mudah dan cepat untuk dipahami, karena dalam infografis lebih banyak menggunakan gambar /ilustrasi dibandingkan teks . Infografis sendiri adalah percampuran dari kemampuan desain, analisis informasi, dan storytelling.

Infografis berasal dari kata Infographics dalam Bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari kata Information dan Graphics. Infografik dapat juga dikatakan bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih menarik, mudah dan cepat.

Menyampaikan informasi secara visual juga sudah dikenal sejak lama, bahkan pada zaman purba banyak manusia yang melukis di dalam gua untuk menggambarkan suatu kejadian. Peneliti mengatakan bahwa penyampaian informasi secara visual memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan menggunakan teks, karena manusia jauh lebih cepat menangkap informasi yang disampaikan melalui ilustrasi.

Jenis - Jenis Infografis

infografis

Infografis Animasi

Infografis animasi atau animated infographic adalah infografis dalam bentuk video animasi 2D maupun 3D. Infografis ini digunakan pada televisi ataupun media online seperti YouTube . Infografis animasi lebih menarik karena selainmenggunakan elemen visual juga menggunakan motion (pergerakan) dan efek audio yang dapat memperkuat informasi/pesan yang ingin disampaikan

Infografis Interaktif

Infografis interaktif adalah infografis yang biasanya ditampilkan pada website dan pengguna dapat berinteraksi langsung dengan informasi yang ditampilkan melalui UI/user interface infografis yang telah di-desain. Dengan infografis interaktif pengguna dapat sesuai keinginan mengeksplorasi informasi yang ingin didapatkan.

Infografis Statis

Infografis statis adalah infografis berbentuk gambar yang tidak bergerak. Infografis ini adalah jenis infografis yang paling umum digunakan.

Tips Dalam Membuat Infografis

untitled-1-1

Ada beberapa tips yang harus kamu ketahui dalam membuat Infografis, agar desain infografis kamu benar-benar dapat memudahkan orang membaca informasi dalam bentuk visual. Di bawah ini adalah beberapa tips yang perlu kamu simak

1.Menentukan target audience

Yang pertama, tentunya kamu harus menentukan siapa target sasaran yang akan membaca informasi dari infografismu. bayangkan saja jika dirimu sebagai target audiens dan tentukan tema desain yang sesuai dengan target audience mu

2.Membuat Desain Yang Simpel

Simpel bukan berarti mengurangi informasi yang ingin disampaikan melainkan buatlah infografismu menjadi mudah dibaca. Tampilkan informasi secara singkat namun menarik dan mampu membuat audience tetap tertarik untuk membaca hingga akhir.

3.Data Yang Akurat

Menyajikan data yang akurat sangat penting, jadi cari tahu apakah data yang kamu tampilkan berdasarkan fakta yang akurat atau tidak. Jangan lupa untuk mencantumkan sumber data pada infografis. Hal tersebut tentu akan semakin meyakinkan audience bahwa infografis yang sudah dibuat bersumber dari data yang terpercaya.

4.Mencantumkan Narasi

Infografis pada umumnya memang cendrung menyajikan angka dan gambar, namun jada baiknya untuk tetap mencantumkan sedikit narasi untuk informasi tambahannya.

5.Menentukan Gaya Konsep Infografis

Sesuaikan konsep infografismu dengan informasi yang akan disampaikan, contohnya seperti Timeline Infographic (infografis yang memuat informasi tentang sejarah atau peristiwa dari sebuah obyek) atau Comparison Infographic (infografis yang menyajikan perbandingan suatu objek).

Jangan lupa Agar Infografismu menjadi lebih menarik ada baiknya juga untuk mencari tahu tren dan gaya infografis mana yang digemari oleh audience contohnya