In CPanel

Hotlink Protection adalah fitur di cPanel Nawadwipa untuk mencegah seseorang menampilkan content website Anda pada website mereka yang bisa menyebabkan penggunaan bandwidth hosting Anda menjadi besar. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memblokir website lain yang menggunakan link file (contoh: file gambar) yang ada di website Anda. Apabila Anda tidak menggunakan fitur ini, website lain dapat menggunakan gambar Anda secara langsung, dan ini dapat meningkatkan penggunaan bandwidth akun hosting Anda. Untungnya, cPanel Nawadwipa telah memiliki fitur yang dapat melindungi link bernama HotLink protection.

Cara mengaktifkan Hotlink Protection di cPanel :

1. Login cPanel

Login cPanel di url http://namadomain.tld/cpanel, cara mengakses cpanel nawadwipa dapat anda lihat pada tutorial ini “Pengertian Singkat CPanel

2. Pilih menu “Hotlink Protection”

3. Lakukan Konfigurasi HotLink Protection

Berikut adalah penjelasan pada fitur HotLink Protection.



Enable – Tombol untuk mengaktifkan HotLink protection. Jika Anda ingin menambahkan website yang dapat menggunakan link file pada website Anda, silakan baca nomor 2-6 di bawah ini.
URLs to allow access – Silakan masukkan website yang Anda izinkan untuk menggunakan link file pada website Anda. Secara default, kolom ini akan berisi nama domain Anda.
Block direct access for the following extensions (comma-separated) – Di sini Anda dapat memisahkan ekstensi file yang ingin diproteksi.
Allow direct requests – Silakan beri tanda centang jika Anda mengizinkan akses secara langsung melalui browser. Sebagai contoh, gambar yang diakses melalui URL domainanda.com/gambar.png.
Redirect the request to the following URL – Pilihan ini berguna jika Anda ingin mengalihkan request yang diblokir ke URL tertentu. Sebagai contoh, salah satu halaman dari domain Anda (http://domainanda.tld/contact.php).
Klik tombol Submit untuk menyimpan perubahan.

Klik tombol “Enable”, atur konfigurasinya jika ingin mengubah default konfigurasinya dan klik tombol “Submit”.

Pada konfigurasi default, content yang diamankan adalah content dengan ekstensi : jpg,jpeg,gif,png,bmp

Saat ini seharusnya file pada server Anda sudah tidak dapat digunakan pada website lain.

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat