Apa Itu FTP? dan apa fungsinya

Apa Itu FTP? dan apa fungsinya


Admin - 16 January 2023

Apa Itu FTP? dan apa fungsinya - Bagi anda yang selalu berkecimpung di bidang pembuatan website tentu isitilah FTP sangat familiar anda temukan, lalu apa itu FTP?

Pengertian FTP

FTP adalah singkatan dari "File Transfer Protocol", yang berarti protokol jaringan standar yang digunakan untuk mentransfer file antara klien dan server di jaringan komputer. FTP dibangun di atas arsitektur model klien-server menggunakan kontrol terpisah dan koneksi data antara klien dan server atau hosting.

Protokol komunikasi mengatur kondisi di mana file ditransfer antara banyak komputer. Di antara protokol komunikasi, FTP termasuk dalam kelompok protokol jaringan. FTP mengelola pertukaran data antara beberapa komputer di jaringan. Anda dapat mengunduh file dari server FTP, mengunggah file dan juga melihat dan mengubah struktur folder di server. Paling sering, FTP digunakan untuk mengelola file di server HTTP, server web sederhana.

Fungsi dan Cara Kerja FTP

Server FTP dapat dijangkau, misalnya, dengan perintah CMD di komputer Windows atau di Mac. Anda juga dapat menggunakan program gratis dengan antarmuka pengguna grafis, seperti FileZilla atau CuteFTP.

Untuk mengunduh file dari server FTP atau mengunggahnya ke server, Anda memerlukan akses menggunakan nama pengguna dan kata sandi. Sebagian besar server FTP publik menggunakan akses anonim, nama pengguna lalu "anonim", sebagai kata sandi Anda dapat memilih urutan huruf atau angka atau alamat email Anda.

Saat Anda membuat koneksi ke server FTP, itu berjalan melalui dua saluran: saluran data dan saluran kontrol. Orders dikirim melalui saluran kontrol, file dipertukarkan di saluran data. Anda juga dapat mengatur server FTP Anda sendiri dengan FileZilla.

Di Artikel Nawadwipa berikutnya, kami akan menunjukkan cara mengintegrasikan server FTP Anda sendiri sebagai drive. Kami juga menyajikan 3 program terbaik untuk menyiapkan server FTP.



Artikel Terkait