In Domain

Bagi anda yang baru saja ingin mengetahui sedikit tentang Website hal ini penting anda ketahui. Pastinya anda bertanya tanya, apa itu Domain? Domain adalah alamat untuk website anda yang harus anda miliki yang dimana bertujuan sebagai alamat fisik Website anda. Contoh: facebook .com jika terjadi kesalahan dalam pengetikan huruf dari alamat tersebut anda tidak akan bisa sampai dengan tepat di situs tersebut.

Perumpamaan: Sama hal nya dengan rumah tempat tinggal anda, jika anda tidak memiliki alamat lengkap untuk rumah tempat tinggal anda, pastinya orang yang akan berkunjung kesana tidak tahu harus kemana karena tidak adanya alamat yang pasti dan jelas.

Jenis jenis domain:

TLD – Top Level Domains
Ada ribuan jenis domain, dari yang umum atau yang bisa digunakan .com .net .org dan .edu

ccTLD – County Code Top Level Domains
Domain jenis ini biasanya di dasarkan pada kode negara tertentu seperti .us (United States) .jp (Japan) .co.id & .id (Indonesia) dll. Untuk domain jenis ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang membuat dedicated situs untuk negara/area-area tertentu. Domain-domain tersebut memperlihatkan diri sebagai ‘sinyal/kode’ bahwa situs tersebut berada di negara atau wilayah yang sudah ditargetkan.



gTLD – Generic Top Level Domain
Domain jenis ini hampir mirip dengan TLD, tidak memerlukan kode negara. Dimana biasanya untuk jenis ini biasa lebih spesifik, seperti untuk pendidikan yaitu .edu contoh lain dari penggunaan gTLD adalah .mil (militer), .gov (pemerintahan), .org (lembaga nirlaba dan organisasi), dan .net yang awalnya dibuat sebagai nama domain untuk penyedia layanan internet (ISPs), tapi sekarang bisa digunakan di bidang apa saja.

Itulah beberapa dasar untuk jenis-jenis dari domain, namun domain juga memiliki Variasi lain yang bisa digunakan. apa itu? >>> Variasi Domain

 

>>>Baca jugaTips Memilih Nama Domain yang Unik dan Menarik untuk UKM Anda

Recent Posts

Leave a Comment

WhatsApp chat