5 Cara Mendesain Logo Bisnis, Perusahaan, atau Pribadi

5 Cara Mendesain Logo Bisnis, Perusahaan, atau Pribadi

Admin - 13 March 2023

5 Cara Mendesain Logo Bisnis, Perusahaan, atau Pribadi - Merancang logo yang mewujudkan merek Anda dapat membantu Anda tumbuh lebih baik, tetapi melakukannya dengan benar sama pentingnya. Inilah cara mendesain logo yang sempurna, langkah demi langkah. Setelah memahami mengenai cara/pemikiran dasar dalam membuat logo, akan di lanjutkan dengan jenis-jenis logo (klik disini untuk baca)

Mulailah Dengan Kisah Anda

Perusahaan diciptakan untuk menghasilkan uang ini bukan pernyataan yang paling puitis, tetapi ini adalah pernyataan yang harus Anda mulai. Dan untuk membuat bisnis yang menguntungkan, Anda harus bisa menjual diri Anda sebaik produk Anda. Pemasar saat ini cenderung setuju bahwa pembeli lebih terhubung dengan cerita daripada fakta dasar produk Anda. Apa artinya ini bagi Anda? Perlu ada beberapa cerita di logo Anda.

Bahkan sebelum Anda berpikir tentang seperti apa logo ini nantinya, luangkan waktu untuk bertanya pada diri sendiri apa cerita di balik perusahaan Anda. Saat kita melihat Coca-Cola, kita tidak melihat minuman coklat berkarbonasi kita melihat beruang kutub dan huruf putih tebal.

Melangkah keluar dari apa yang dilakukan perusahaan Anda dan sampaikan mengapa Anda melakukannya. Itu “mengapa” adalah akar dari cerita Anda, dan itu harus muncul dalam warna, bentuk, dan jenis huruf logo Anda. Jika logo Anda adalah judul sebuah film, seperti apa tampilannya?

Brainstorm Kata-Kata Yang Menggambarkan Merek Anda

Sekarang setelah Anda memiliki cerita, saatnya mengambil draf logo Anda dari cerita ke latar. Buka Thesaurus.com dan masukkan istilah yang paling menggambarkan produk Anda ke dalam bilah pencarian.

Misalnya, jika Anda berada di industri pakaian, Anda cukup mengetik "pakaian". Anda akan terkejut dengan betapa deskriptifnya sinonim yang muncul. Anda bahkan dapat mengeklik hasil ini untuk memulai penelusuran baru dan menggali lebih dalam saat Anda membidik kata-kata yang paling menangkap merek Anda.

Temukan lima hingga 10 kata yang menggambarkan tidak hanya apa yang Anda lakukan, tetapi juga mengapa dari langkah sebelumnya. Masing-masing kata ini dapat ditampung seperti potongan-potongan teka-teki dan membantu memandu Anda menyempurnakan konsep.

Sketsa Ide Berdasarkan Kata-Kata Ini

Berbekal alasan Anda dan beberapa kata kunci untuk arahan, ambil pensil dan kertas dan mulailah membuat sketsa setiap ide yang muncul di kepala Anda. Biarkan setiap konsep baru berkembang dengan sendirinya. Jangan frustrasi jika beberapa yang pertama tidak benar terus perbaiki, gunakan sketsa sebelumnya untuk memengaruhi hasil yang baru. Anda dapat memfokuskan sketsa ini pada bentuk, nama merek Anda, atau keduanya.

Saat Anda membuat sketsa konsep untuk logo Anda, ingatlah kiat-kiat ini : Pertahankan bentuknya tetap sederhana. Jika Anda dapat membuat sketsa komponen yang paling simbolis dalam waktu tujuh detik atau kurang, Anda dalam kondisi yang baik. Anda benar-benar harus menghindari karya seni clip-art populer atau simbol umum seperti bola dunia, bintang, atau ikon serupa yang terlalu mudah dikenali orang dari tempat lain. Ini mudah dilupakan pada pandangan pertama. Semakin kreatif Anda pada tahap ini, semakin baik logo akhir Anda. Logo Anda adalah hal yang paling diingat oleh konsumen Anda. Jujurlah dalam karya seni ini.

Anda perlu menyertakan warna pada logo Anda, tetapi selektiflah pada warna yang Anda gunakan. Perhatikan tren warna saat ini yang sudah digunakan saat ini dan di pasar sasaran Anda. Pilih warna atau kelompok warna yang akan membuat Anda menonjol dari pesaing Anda. Tapi tolong, demi kecintaan pada pemasaran, jangan gunakan seluruh warna yang ada.

Uji Sketsa Teratas Anda Dengan Persona Pembeli Anda

Setelah Anda memiliki beberapa sketsa berbeda di atas kertas, mundur selangkah dan pilih tiga konsep teratas. Jangan berpikir terlalu keras tentang hal ini -- pertimbangkan desain yang terus Anda lihat, dan pilih untuk ditampilkan kepada orang lain.

Bagikan draf ini dengan teman, anggota keluarga, dan kolega yang Anda percayai. Jika memungkinkan, berikan sketsa ini kepada seseorang yang paling sesuai dengan kepribadian pembeli Anda atau profil pelanggan ideal Anda. Ini memberi Anda pendapat paling produktif tentang karya seni Anda karena dapat menunjukkan bagaimana pelanggan akan menerima merek Anda, bukan hanya orang-orang yang dekat dengan Anda.

Bersiaplah untuk umpan balik yang jujur dan jangan menganggap komentar negatif apa pun secara pribadi. Kritik ini hanya akan membuat logo akhir Anda menjadi lebih baik. Gunakan umpan balik mereka untuk memilih satu konsep akhir untuk dikembangkan menjadi sebuah desain.

Sempurnakan Sketsa Pilihan Anda

Selamat, Anda sedang dalam perjalanan untuk memiliki logo yang mengagumkan! Setelah Anda mengidentifikasi sketsa untuk dijalankan, saatnya untuk memperbaikinya dan menyempurnakan cerita yang Anda mulai dari Langkah 1.

Sekian pembahasan untuk kali ini, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya. Jika anda membutuhkan Jasa Desain Grafis Terdekat di Bali yang siap membuat kebutuhan desain dan signature perusahaan anda silahkan jangan ragu untuk menghubungi Nawadwipa. Terima kasih



Artikel Terkait